Pertanyaan
Anda diminta berefleksi, mengingat kembali pengalaman belajar di satu masa tertentu (misal: SD, SMP, atau SMA) sebagai murid dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
- Apa arti belajar bagi anda?
- Bagaimana perasaan Anda saat harus belajar di sekolah?
- Hal apa yang membuat Anda senang belajar di sekolah?
- Hal apa yang membuat Anda tidak senang belajar di sekolah?
- Apa kejadian menyenangkan yang pernah Anda alami saat menjadi seorang murid?
- Kejadian kurang nyaman yang pernah Anda alami saat menjadi seorang murid?
- Apakah mata pelajaran yang Anda sukai?
- Apa alasan Anda menyukai mata pelajaran tersebut?
- Kegiatan belajar apa yang paling menarik untuk Anda pada saat itu?
- Guru mata pelajaran apa yang menjadi favorit anda? Jelaskan alasannya
- Guru mata pelajaran apa yang tidak anda sukai? Jelaskan alasannya.
- Guru seperti apa yang membuat Anda termotivasi dalam belajar?
Jawaban
- Belajar merupakan proses memperbaiki diri
- Perasaan saya saat harus belajar ke sekolah, namun bahagianya lebih banyak karena bisa bertemau kawan kawan
- Hal yang membuat saya senang belajar di sekolah adalah bertemua dengan kawan-kawan
- Ketiga guru masuk mengajar dan monoton membuat saya lebih banyak tertidur
- Ketika SMP kelas 1 saya sering mendapat umpan balik dari guru Bahasa Indonesia. Beliau sering memotivasi saya untuk mengirimkan puisi-puisi saya ke media cetak
- Ketika guru kesenian SMA menganggap bahwa saya adalah saingannya. Tidak bisa menerima kenyataan bahwa saya bisa memperlajari yang di berikan nya lebih cepat
- Pelajaran yang saya sukai Matematika
- Suka matematika karena saat itu menurut saya pelajarannya mudah
- Kegiatan belajar yang paling menarik ketika disuruh mengerjakan soal cerita waktu SD
- Guru mata pelajaran yang menjadi favorit saya adalah guru bahasa Indonesia yang memberikan perhatian khusus kepada saya
- Yang membuat saya termotivasi adalah ketika guru mengajar dengan semangat dan saya berasil melewati proses pembelajaran tanpa mengantuk.
Pertanyaan:
Anda diminta berefleksi, mengingat kembali pengalaman sebagai pendidik dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
- Hal apa yang mendorong Anda untuk menjadi seorang pendidik seperti saat ini?
- Pendidik seperti apakah Anda saat ini?
- Bagaimana profil pendidik yang ideal yang ingin anda capai?
- Bagaimana praktik-praktik belajar yang Anda ketahui atau amati terjadi di sekitar Anda sekarang?
Jawaban
- Hal yang mendorong saya menjadi pendidik seperti saat ini adalah dimulai saat saya gagal PNS bagian teknik. Sebelum ujian saya berdoa "Tuhan jika saya lulus berarti Kamu tidak mengijinkan aku jadi guru, tapi jika aku tidak lulus berarti Kamu menginginkan aku jadi guru. Hingga akhirnya keluar pengumuan dan saya tidak lulus. Kecewa? Ia. tapi akhirnya saya ingat doaku dan meyakinkan diri untuk jadi guru. Saya langsung kuliah A4, dan tahun berikutnya ikut ujian PNS guru TIK dan langsung lulus. Saat itu dengan segenap hati saya abdikan diri jadi guru
- Saya merasa bahwa saya pendidik yang penuh semangat baik dalam mengajar maupun dalam belajar
- Profil ideal yang ingin saya capai adalah guru yang dirindukan murid
- Praktek pembelajaran yang saya amati dilingkunga ada beberapa yang bisa ditiru dan saya ATM namun masih ada praktek monoton dimana guru hanya menjelaskan dan menyuruh murid menulis dan mengerjakan soal
Pertanyaan
Silahkan tulis pemahaman Anda mengenai prinsip yang dimiliki dan diyakini dalam menjalani peran sebagai pendidik dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan berikut:
- Apa definisi belajar yang anda pahami?
- Apa definisi pendidikan yang anda pahami?
- Jelaskan tokoh dan teori yang menjadi panutan dan referensi Anda dalam menjalankan peran Anda sebagai pendidik!
Jawaban
- Belajar merupakan proses memperbaiki diri
- Pendidikan adalah proses pembekalan orang lain untuk memiliki kemampuan memperbaiki diri dan mencapai tujuannya
- Tokoh panutan saya dalam pendidikan adalah ibu saya yang bahkan kelas 1 SD juga tidak tamat namun semangat belajarnya tinggi, bahkan di masa tuanya masih mau belajar membaca not dari saya anak yang disekolahkannya. Teori pendidikan yang paling berkesan buat saya adalah "Mata Guru Roha Sisean" bahwa mata untuk melihat dam mempelajari segala sesuatu yang ada dan Roha (hati) sebagai "Sisean" (pedoman) alat untuk kita bisa mengambil keputusan yang baik dari setiap hal yang kita pelajar
Pertanyaan
Bagaimana pengalaman belajar Anda mempengaruhi tujuan anda bergabung dalam program Pendidikan Guru Penggerak sebagai Pengajar Praktik?
Jawaban:
Pengalaman belajar saya sangat mempengaruhi tujuan belajar saya. Dimana saya orang yang gemar belajar dan cara paling ampuh buat saya belajar adalah dengan mengajar dan berbagi. Dengan adanya program pengajar praktik ini maka saya akan berbagi lebih banyak lagi kepada orang lain. Saat itu jugalah proses belajar saya sedang berlangsung.
Pertanyaan
Bagaimana latar belakang dan prinsip yang Anda anut sebagai pendidik mempengaruhi tujuan Anda bergabung dalam program Pendidikan Guru Penggerak sebagai Pengajar Praktik?
Jawaban
Seorang pendidik haruslah terus belajar. Jika pendidik berhenti belajar apakah dia mampu memberikan yang terbaik buat peserta didiknya? Maka dengan bergabung pada program guru penggerak maka saya akan memiliki kesempatan untuk belajar dan mengembangkan diri dan melayakkan diri sebagai pendidik yang baik.
Komentar
Posting Komentar