MEMBUAT KUIS MENGGUNAKAN BLOCK PROGRAMMING SCRATCH



Scratch merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dapat digunakan secara visual. Scratch sangat direkomendasikan untuk berlatih berfikir
komputasi
digunakan sebagai pembelajaran dasar programming baik untuk siswa SD, SMP, SMP bahkan juga guru. Dengan menggunakan scratch pengguna cukup dimudahkan dalam belajar konsep coding tanpa harus memikirkan sintaks-sintaks. Dengan Scratch pengguna dapat membangun program menggunakan block-block coding yang sudah di sediakan. Dengan demikian pengguna cukup menggunakan klik and drag, lalu menyusun pazel-pazel block untuk membentuk baris perintah yang akan dilakukan oleh program. 

Dalam Scracth dikenal beberapa istilah antara lain:

  1. Canvas. Canvas berfungsi untuk menampilkan dan menjalankan blok-blok kode yang sudah dibuat atau dirancang. Canvas bisa juga disebut sebagai jendela (Window). Pada canvas terdapat icon bendera hijau (green flag) yang bersungsi untuk menjalankan blok progam dan icon lingkaran merah yang berfungsi untuk menghentikan program.
  2. Script Area. Merupakan area untuk meletakkan script dari masing-masing sprite maupun backdrop. Cara meletakkannya pengguna cukup melakukan dengan drag and drop.Memilih bloc dari kotak scrrip lalu menarik dan meletakkan ke script area.
  3. Scripts. Merupkan sekumpulan blog-blog perintah yang dapat digunakan untuk membangun program. Masing-masing blok memiliki fungsi yang berbeda. Scripts dibagi menjadi beberapa bagian yaitu:
    • Motion digunakan untuk menggerakkan sprite
    • Looks digunakan untuk mengatur tampilan baik sprite maupun backdrop, seperti sedang berbicara, berganti kostum dan lain-lain.
    • Sound berfungsi untuk menambahkan suara terhadap semua objek yang digunakan.
    • Even, digunakan untuk mengatur kejadian yang akan terjadi ketikan menerima sebuah perintah. Contoh jika green flag di klik maka program akan mulai berjalan.
    • Control berfungsi untuk mengatur perjalanan setiap blok kode di dalamnya. Apakah program akan berhenti, bergerak selamanya, atau berulang hingga beberapa kali.
    • Sensing berfungsi untuk memberikan sensor terhapda program yang dijalankan. Contoh jika poiter menyentuk sprite maka akan berubah warna, atau berubah ukuran. Jika digabungkan dengan blog control maka sensor akan berfungsi sesuai dengan kondisi yang ditentukan.
    • Operator berfungsi untuk melakukan proses aritmatika. 
    • Variabel berfungsi untuk menampung sebuah nilai
    • My block berfungsi untuk menambahkan blog baru yang kita buat sendiri sesuai dengan kebutuhan kita. 
  4. Sprite. Sprite merupakan gambar atau objek yang akan di programkan. Blok-blok program akan diletakkan pada masing-masing sprite. Blok-blok program dapat disusun untuk menghasilkan sprite yang interaktif yakni dapat bergerak, bersuara dan lain-lain. Secara default sprite yang tampil adalah kucing, namun jika kita tidak membutuhkannya maka kita dapat menghapusnya dengan cara mengklik sprite itu sendiri hingga muncul icon hapus, lalu pilih hapus. Pengguna dapat mengganti dan menambah sprite dari tombol bulat kecil di sebelah jendela sprite. Saat memilih New Sprite pengguna dapat menambahkan dengan memilih sprite yang disediakan dari library. Pengguna juga bisa mengupload sprite dari PC masing-masing.
  5. Backdrop dan Stage. Merupakan gambar latar bekalang yang akan ditampilkan pada kanvas. Backdrop dapat diganti melalui stage yang berada disebelah kiri tempat sprite. Sama halnya dengan sprite. backdrop dapat di ganti dengan menggunakan gambar yang sudah tersedia pada librari tetapi bisa juga dengan mengupload backdrop sendiri.
  6. Menu merupakan tempat untuk membuat projek baru, meyimpan projek ataupun mengambil projek yang sudah pernah dibuat dan disimpan di komputer. Melalui menu pengguna juga dapat mengganti bahasa sesuai dengan keinginan. Melihat tutorial tetang scratch. Selain itu melalui menu penggunan juga dapat melihat judul projek.  

Untuk bekerja menggunakan scratch versi web dapat dilakukan dengan mengakses laman https://scratch.mit.edu

sedangkan untuk menggunakan versi dekstop dapat terlebih dahulu mengunduh software Scratch Editor dan Adobe Air.

Untuk mengunduh scratch editor dapat dilakukan dengan cara klik disini

Untuk menguduh Adobe Air dapat dilakukan dengan mengklik disini

Nah saatnya kita membuat projek menggunakan Scratch. Untuk membuatnya boleh dengan melihat tautan berikut ini:

Membuat Kuis Menggunakan Block Programming Scratch


Komentar