- Hal apa saja yang pernah Anda lakukan untuk membuat transformasi pendidikan di ekosistem pendidikan terdekat (sekolah, sekitar rumah)?
-
- Membuat komunitas belajar
- Memfasilitasi murid untuk mampu menjadi narasumber dalam pemanfaatan akun belajar.id
- Bebagi praktek baik secara luring maupun daring
- Memfasilitasi guru dalam pembelajaran hybrid
- Memfaslitasi murid dengan proses pembelajaran hybrid
- Membuat drive bersama di sekolah yakni drive besama dengan rekan sejawat dan drive bersama dengan setiap kelas
- Memipin pelaksanaan P5 dengan memanfaatkan sumber daya yang ada
- Membuat Club IT
Bagaimana dampak atas transformasi pendidikan yang Anda lakukan pada ekosistem pendidikan terdekat?
- Gu
ru memiliki ruang untuk berdiskusi terkait murid maupun proses pembelajaran - Beberap murid menajadi narasumber berbagi praktek baik pemanfaatan akun belajar dalam kegiatan weibnar yang diselenggarakan oleh komunitas belajar.id provinsi Sumatera Utara
- Banyak guru yang terfasiltiasi untuk mendapat hal-hal baru khususnya di dunia pendidikan
- Ketika masa pandemi guru mampu tatap melakukan proses pembelajarana walau sebagian murid ada di sekolah sebagian lagi ada dirumah
- Ketika masa pandemi murid tetap mendapat layanan pembelajaran dengan baik waktu sedang berada di rumah
- Guru dan merid memiliki portofolio digital
- P5 berjalan dengan baik dan menampilkan bakat-bakat kepemimpinan yang selama ini terpendam baik dari guru maupuan murid
- Adanya murid yang kreatif dalam bidang teknologi
Apa yang sudah/belum berjalan dengan baik ketika Anda memprakarsai transformasi pendidikan di ekosistem pendidikan terdekat?
- Club IT yang belum berjalan dengan maksimal
- Belum semua guru memanfaatkan drive bersama dengan maksimal
Sebelum Anda memulai pembelajaran di sesi kedua ini, silahkan pelajari pertanyaan-pertanyaan berikut ini lalu cobalah untuk menjawab pertanyaan tersebut (tanpa harus ditulis).
Apakah transformasi pendidikan yang sudah anda prakarsai pada pembelajaran I sudah membawa dampak pada ekosistem pendidikan terkait?
Sudah
Faktor penting apa yang membuat prakarsa tersebut berhasil atau gagal diimplementasikan?
Faktor yang membuat berhasil:
- Konsisten dalam melakukannya
- Memberikan contoh secara terus menerus
- Guru dan Murid berkenan untuk melakukannya
Jika sudah memberikan dampak, bagaimana prakarsa transformasi pendidikan itu dapat terus berkelanjutan? Apa sumber daya yang dibutuhkan?
Dengan melakunnya secara konsisten maka trasnformasi tersebut akan ters bekelanjutan
Hal yang paling dibutuhkan adalah guru yang bersedia untuk diajak konsisten melakukannya
Komentar
Posting Komentar