MODALITAS BELAJAR

Senin 01 Agustus SMP Negeri 4 Medan melakukan pelatihan dengan narasumber bapak Jamal Husein Harahap selaku Plt Kepala Sekolah. Pelatihan yang diadakan di ruang Guru dengan peserta seluruh guru SMP N 4 Medan. Materi yang dibahas adalah Modalitas Belajar dengan sumber melalui blok https://purnawanto.blogspot.com/2022/01/modalitas-belajar.html.  Dalam pelatihan Pak Jamal membagi peserta menjadi 6 kelompok. Masing-masing kelompok diminta untuk membaca dan mengulas materi. Masing-masing kelompok diberikan untuk mengulas bagian-bagian dari Modalitas Belajar. 

Modalitas belajar dapat diartikan sebagai gaya belajar seseorang yang cenderung dilakukan untuk mengadaptasi suatu pembelajaran.  Modalitas belajar dapat dibagai menjadi 3 bagian yakni:

  1. Visual
  2. Auditorial dan 
  3. Kinestetik
Masing-masing gaya belajar memiliki cirinya. Secara garis besar orang visual cenderung lebih senang melihat atau mereka belajar dari objek yang dilihat langsung. Orang auditorial lebih senang belajar dengan mendengar sedangkan orang kinestetik lebih senang belajar dengan bergerak serta melalai sentuhan. Guru sebaiknya memahami dan mengenal gaya belajar masing-masing peserta didik. Untuk mengenal karakteristik guru dapat melakukan survei pendataan gaya belajar. Guru juga bisa mengamati peserta didik dalam beberapa pertemuan sehingga dapat melihat gaya belajar masing-masing peserta didik tersebut. 

Setelah memahami gaya belajar peserta didik, maka guru dapat lebih mudah memilih strategi pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas. Beberapa hal yang dapat dilakukan guru untuk memfasilitasi gaya belajar peserta didik adalah 

  1. Gaya belajar Visual
    • Menggunakan kertas tulis dengan tulisan berwarna
    • Mendorong peserta didik untuk menggambarkan informasi
    • Berdiri tenang saat menyajikan informasi
    • Menggunakan bahasa ikon dalam presentasi guruonsep kunci.
  2. Gaya Belajar Auditorial
    • Menggunakan variasi vocal seperti perubahan anda, kecepatan dan volume saat presentasi
    • Meminta siswa untuk mengulang kembali informasi yang diberikan guru secara berurut
    • Meminta siswa untuk memberitahukan kepada teman disampingnya satu hal yang sudah dipelajari sebelumnya
    • Memanfaatkan musik untuk media dalam kegiatan rutin
3. Gaya Belajar Kinestetik
    • Menggunakan alat bantu saat mengajar dengan demikian peserta didik timbul rasa ingin tahu
    • Menciptakan simulasi konsep agar peserta didik mengalami langsung
    • Memberikan bimbingan paralel dengan duduk di sebelah peserta didik
    • Berbicara kepada peserta didik secara pribadi-pribadi
    • Memperagakan konsep dan meminta peserta didik juga mengikuti dan mempelajari langkah-langkah
    • Menceritakan pengalaman pribadi mengenai wawasan belajar guru kepada peserta didik
    • Mengizinkan siswa berjalan-jalan atau bergerak bebas di kelas.




Komentar