Pembelajaran berpusat kepada siswa merupakan salah satu cara untuk mendukung siswa dalam proses merdeka belajar. Dalam proses pembelajaran guru tidak lagi menjadi satu-satunya sumber berlajar bagi siswa, namun guru cenderung menjadi fasilitator. Guru lebih banyak mamandu siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran, dan siswa dapat memutuskan bagaimana cara dan gaya belajarnya.
Dengan pembelajaran berpusat kepada siswa, maka siswa dapat melakukan proses belajar sesuai dengan keinginanannya masing-masing. Siswa dapat mencari referensi dari berbagai sumber. Ketika siswa sudah menumukan hasil dari penugasan yang diterima dari guru maka siswa juga dapat mengumpulkan dengan gayanya masing-masing. Siswa dapat mengumpulkan tugas dalam bentuk berbagai media, dengan tujuan yang sama yaitu mencakup capaian pembelajaran. Siswa juga mampu mempresentasikan hasil belajarnya dengan gaya yang dikuasai.
Dengan pembelajran yang berpusat kepada siswa maka, siswa akan lebih kreatif. Siswa tidak akan merasa terbebani lagi. Siswa akan melakukan hal yang disenangi. Siswa mampu memperdalam minat dan bakat yang dimilikinya. Siswa mampu lebih mandiri. Guru dapat memfasilitasi, mengarahkan dan membimbing siswa untuk mampu meningkatkan minat dan bakat yang dimikikinya. Guru mengarahkan sehingga siswa tetap berjalan pada koridor positif sehingga siswa terhindar dari hal-hal yang tidak benar. Siswa masa depan menjadi siswa yang lebih merdeka dan memiliki prilaku yang mencerminkan profil pelajar pancasila.
Komentar
Posting Komentar