KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 1.2

Keterangan gambar : Rencana Guru Penggerak di masa depan


Setelah mempelajari materi modul 1.1 dan  1.2 saya dapat mengambil beberapa kesimpulan penting yang harus saya pahami antara lain:

  1. Filosofi Pendikan menurut Ki Hajar Dewantara
  2. Nilai dan peran  guru Penggerak
  3. Kompetensi Guru Penggerak
  4. Berfikir cepat dan berfikir lambat
Keempat hal tersebut di atas memiliki keterkaitan, dimana filosofi pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara bahwa pembelajaran harus berpihak pada anak, membimbing anak sesuai dengan kodrat alam dan juga kodrat jaman, membimbing anak menjadi manusia yang memiliki kemandirian, dan juga berbudi pekerti yang baik. Sebagai seorang guru sebelum membimbing anak tentu harus memiliki kompetensi menimum yang dapat diterpakan sesuai dengan filosofi Ki Hajar Dewantara. Untuk itu seorang guru harus memiliki nilai-nilai yakni 

  1. Berpihak pada murid
  2. Inovatif
  3. Kolabortif
  4. Reflektif
  5. Dan juga mandiri
Seorang guru penggerak harus memiliki peran yakni 

  1. memimpin pembelajaran, 
  2. mengembangkan diri dan orang lain, 
  3. memimpin manajemen sekolah, 
  4. memimpin pengembangan sekolah
Dalam melakukan perannya seorang guru penggerak diharapkan mampu berfikir cepat dan berfikir lambat sesuai dengan kondisi dan keadaannya. Guru penggerak harus mampu  mengendalikan situasi dengan baik, sehingga setiap keputusan dapat diambil dengan tingkat resiko yang rendah. 

Untuk dapat menjadi seorang guru penggerak, saya harus selalu berusaha untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan diri. Banyak belajar dan berbagi baik dengan rekan sejawat maupun dengan orang lain. Selalu membenahi diri sehingga mampu mengembangkan pembelajaran yang berpihak kepada murid, dan juga mampu berinovasi. 

Jika ditanya perasasan saya selama mengikuti pembelajaran modul 1.1 dan 1.2 maka jawaban saya adalah senang. Mendapat ilmu dari modul-mudol di LMS, mendapat pencerahan melalui diskusi dengan fasilitator dan instruktur, bertemu dengan guru-guru hebat yang memiliki wawasan dan pengalaman yang cukup luas dan juga belajar sambil bermain saat lokakarya. 

Sebelum momen-momen belajar sebagai calon guru penggerak, saya sering memiliki hayalan atau niat untuk menggerakkan rekan-rekan guru dalam memimpin pembelajaran. Namun karena keterbatan diri bahwa saya hanyalah guru biasa maka hayalan itu tinggallah hanya hayalan. Namun setelah mengikuti pembelajaran ini saya seperti mendapat cahaya. Saya merasa mendapat jalan dan peluang untuk bisa menjalankan atau mengaplikasikan setiap halayan tersebut. Saya semakin semangat untuk belajar dan berbenah diri. 

Ke depan hal yang paling utama yang ingin saya lakukan adalah berinovasi dalam mewujudkan pembelajaran yang bepusat kepada siswa. Berinovasi dengan pemanfaatan teknlogoi demi menciptakan digitalisasi pendidikan. Berinovasi dan berkolaborasi bersama rekan sejawat. Karena apapun yang saya lakukan akan mendapatkan dampak yang lebih besar jika dapat dilakukan dengan bersama-sama.

Salam Calon Guru Penggerak Angkatan ke 5
Meida Sitanggang

Komentar