Tugas 1.2.a.6 Demonstrasi Konstektual-modul 1.2 meminta Calon Guru Penggerak (CGP) membuat sebuah narasi untuk menggambarkan diri sebagai Guru Penggerak yang sudah menjalani peran selama 3 tahun. Dalam hal ini CGP diminta menggambarkan aktifitas baik dalam keseharian, terprogram rutin, berkesinambungan, maupun yang bersifat ad-hoc (khusus). Poin utama dalam tugas ini adalah menggambarkan secara detail kegiatan yang mewujudkan setiap nilai guru penggerak yakni berpihak pada murid, mandiri, reflektif, kolaboratif, dan inovatif.
Jika lulus jadi Guru Penggerak dan dipercayakan mengemban tugas sebagai pemimpin pembelajaran maka ada beberapa hal yang sudah terancang yang akan saya lakukan.
Melakukan Pelatihan Kepada rekan guru supaya memiliki kemampuan mengajar yang berpusat kepada siswa. Pelatihan ini dapat dilakukan dengan beberapa cara:
- memberikan contoh atau praktek baik dimana saya sendiri menjadi sumbernya.
- Menghadirkan narasumber yang dapat memberikan referensi bagaimana strategi mengajar yang berpihak kepada siswa
- Memberikan kesempatan kepada MGMP untuk saling berbagi contoh praktek baik mengajar dengan berpusat kepada siswa
Menuntun Rekan Guru Untuk Menulis
Setelah menerapkan pembelajaran yang berpihak kepada murid secara rutin maka diharapkan guru mampu menuliskan pengalaman mengajarnya sehingga menjadi sebuah cerita maupun kisah yang dapat dibagikan kepada orang lain. Selain itu kisah tersebut akan menjadi contoh baik kepada guru-guru muda yang dapat membacanya di perpustakaan sekolah sehingga guru-guru muda dapat mengambil contoh yang baik dari praktek baik tersebut.
Guru dapat menuliskan kisahnya dalam bentuk buku maupuan Penelitian Tindakan Kelas. Buku yang akan ditulis dapat berupa buku antology (kumpulan dari beberapa penulis) yang diharapkan semakin hari akan meningkat sehingga guru dapat menerbitkan buku tunggal. Dengan adanya aksi ini maka seorang guru dapat melatih kemampuan literasi menulis, menambah angka kredit dalam kenaikan pangkat, mampu menulis sendiri PTK. Nilai tambahan dari hal tersebut adalah guru mampu menjadi seorang penulis. Guru mampu menambah penghasilan dengan meningkatkan keprofesionalan yang dimilikinya sendiri. Dengan demikian maka guru sudah mampu menunjukkan kemandiriannya.
Mengajar Sesuai Dengan Kodrat Jaman
perkembangan jaman diikuti juga dengan perkembangan teknologi. Perubahan teknologi yang terus menerus membuat guru terkadang ketinggalan jaman. Banyak hal yang membuat guru ketinggalan khususnya dalam bidang teknologi antara lain:
- Saya tangkap yang semakin menurun
- Tidak memiliki waktu untuk belajar karena banyak hal yang harus di urus
- Tidak memiliki sumber belajar yang mendukung
- dan berbagai faktor lainnya.
- Guru yang menjadi narasumber akan merasa dihargai.
- Guru yang menjadi narasumber akan memegang tanggung jawab terhadap program yang dijalankan sehingga ketika guru peserta kurang memahami apa yang dipelajari saat pelatihan dapat bertanya langsung kepada narasumber pada waktu yang berbeda tanpa kesulitan menghubungi narasumber karena pasti akan bertemu di sekolah. Dengan demikian guru yang menjadi peserta dapat terlayani dengan baik.
- Mampu meningkatkan motivasi rekan sejawat untuk dapat mengembangkan diri.
- Program berkelanjutan dapat terlaksana karena narasumber mudah untuk didapat
Komentar
Posting Komentar