CODING

Coding merupakan sekumpulan instruksi yang diberikan oleh seorang programmer untuk dilakukan oleh komputer. Tanpa coding komputer tidak akan bisa melakukan apa-apa. Komputer juga memiliki cara dalam berkomunikasi sama halnya dengan manusia. Akan tetapi komputer tidak mengenal bahasa manusia namun mengenal bahasa mesin. Bahasa mesin yang hanya terdiri dari angka 0 dan 1 atau yang biasa disebut dengan bentuk bilangan biner. 

Coding menggunakan bahasa mesin akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan sulit. Karena setiap karakter akan di kenalkan dengan menggunakan angka 0 maupun 1 minimal 8 digit. Untuk mengatasi hal tersebut maka terciptalah bahasa pemrograman yang dapat mempermudah komunikasi dengan dengan komputer. Bahasa pemrograman terus bermunculan dan berkembang. Bahkan saat ini banyak platform yang dapat digunakan untuk mengajarkan anak usia dini (4-12 tahun) tentang coding tanpa harus mengetikkan semua instrukti bahasa pemrogramannya seperti Schracth Junior. 


Ada beberapa tahapan yang perlu dalam mengajarkan coding antara lain:

Coding Unplugged
Coding unplugged adalah suatu proses pembelajaran yang mengacu pada keterampilan coding tanpa harus menggunakan perangkat teknologi seperti handphone maupun laptop. Untuk belajar coding unplugged dapat menggunakan media-medai belajar seperti kertas, kartu, lego maupun media lainnya. Topik-topik yang dapat dibahas dalam pembelajaran ini adalah:
  1. Patern atau pola yaitu hal-hal yang menjelaskan tentang solusi yang dapat dilakukan untuk memecahkan masalah desain yang dapat terjadi secara berulang alam sebuah projek.
  2. Sequence yaitu proses menjalankan rangkaian instruksi secara berurut sesuai dengan urutan yang telah ditentukan dari awal sampai akhir.
  3. Loops yaitu perintah yang menunjukkan gabungan pergerakan dari satu atau beberapa pola yang sama namun dijalankan hingga beberapa kali dan berulang sesuai dengan jumlah yang ditentukan.
  4. Conditinal Statement merupakan proses menjalankan instruksi lain sesuai dengan ketentuan atau kondisi yang ditentukan sesuai dengan persyaratan yang sudah diberikan. Conditional stetement biasanya dalam bentuk jika <kodidisi >maka <instruksi>.
  5. Algoritma merupakan prosedur yang digunakan untuk memecahkan sebuah masalah. Algoritma dibuat berdasarkan pada hal apa yang akan dilakukan secara berurut.
  6. Variabel yaitu sebuah tempat penyimpanan data dimana data disebut dengan value dan data dapat berubah selama proses eksekusi program.
  7. Debungging merupakan proses memperbaiki instruksi-instruksi yang salah.
Blok Programming
Blok programming merupakan sebuah bahasa pemrograman tanpa harus mengetikkan semua instruksi pemrogramannya namun hanya dengan melakukan klik, drag dan drop blok. Karena itu tidak perlu menghapal setiap sintaks-sintaks yang ada karena sudah tersedia pada masing-masing blok. Salah satu contoh blog programming adalah Scrhatch.

Text Programming
Merupakan bahasa pemrograman yang menggunakan teks dalam membangun sebuah projek atau aplikasi.

Komentar