PENGENALAN INTERNET

1.1  Pengenalan Internet
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia menghubungkan pemakai komputer dari suatu Negara ke Negara lain di seluruh dunia dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
Saat ini internet merupakan sebuah infrastruktur informasi global (widespread information infrastructure), yang awalnya disebut “the National (atau Global atau Galactic) Information Infrastructure” di Amerika Serikat. Sejarahnya sangat kompleks dan mencakup banyak aspek seperti teknologi, organisasi, dan komunitas. Dan pengaruhnya tidak hanya terhadap bidang teknik komunikasi komputer saja tetapi juga berpengaruh kepada masalah social seperti yang sekarang kita lakukan yaitu kita banyak mempergunakan alat-alat bantu online untuk mencapai.
Aplikasi-aplikasi layanan internet terus berkembang hampir di semua bidang menggunakan internet sebagai media dalam menjalankan tujuan organisasinya. Penggunaan tersebut sering dikenal dengan istilah E-Commerce, E-Banking, E-Learning, dan lain-lain.

1.2  E-Commerce
E-Commerce merupakan aplikasi atau web yang digunakan untuk hal-hal yang bersifat komersial di internet.. Tidak salah memang, karena istilah e-commerce yang akan kita bahas ini memang mengacu pada kegiatan komersial di internet. Contoh paling umum dari kegiatan e-commerce adalah aktifitas transaksi perdagangan melalui sarana internet. Dengan memanfaatkan e-commerce, para penjual (merchant) dapat menjajakan produknya secara lintas Negara karena memang sifat internet sendiri yang tidak mengenal batasan geografis. Transaksi dapat berlangsung secara real time dari sudut mana saja di dunia asalkan terhubung dalam jaringan internet.
Umumnya transaksi melalui sarana e-commerce dilakukan melalui sarana suatu situs web yang dalam hal ini berlaku sebagai semacam etalase bagi produk yang dijajakan. Dari situs web ini, para pembeli (customer) dapat melihat bentuk dan spesifikasi produk bersangkutan lengkap dengan harga yang dipatok. Berikutnya, apabila si calon pembeli tertarik, maka ia dapat melakukan transaksi pembelian di situs tersebut dengan sarana kartu kredit atau ATM.
Seperti halnya kegiatan bisnis konvensional, iklan juga memegang peranan penting dalam e-commerce. Para pengelola situs web banyak mendapatkan pemasukan dari iklan yang ditayangkan di situs web yang dikelolanya (umumnya berbentuk iklan banner atau popup window) seperti Yahoo atau Detik.Com sebagai contoh dimana tiap halamannya selalu dijejali oleh banner iklan yang mencolok mata. Wajar saja, sebab dari sanalah sumber pembiayaan layanan (plus sumber keuntungan) mereka berasal.

1.3  E-Banking
Electronic Banking, atau e-banking bisa diartikan sebagai aktifitas perbankan di internet. Layanan ini memungkinkan nasabah sebuah bank dapat melakukan hampir semua jenis transaksi perbankan melalui sarana internet, khususnya via web. Mirip dengan penggunaan mesin ATM, lewat sarana internet seorang nasabah dapat melakukan aktifitas pengecekan rekening, transfer danaantarrekening, hingga pembayaran tagihan-tagihan rutin bulanan (listrik, telepon, dsb.) melalui rekening banknya. Jelas banyak keuntungan yang bisa didapatkan nasabah dengan memanfaatkan layanan ini, terutama bila dilihat dari waktu dan tenaga yang dapat dihemat karena transaksi e-banking jelas bebas antrian dan dapat dilakukan dari mana saja sepanjang nasabah dapat terhubung dengan jaringan internet.
Untuk dapat menggunakan layanan ini, seorang nasabah akan dibekali dengan login dan kode akses ke situs web dimana terdapat fasilitas e-banking milik bank bersangkutan. Selanjutnya, nasabah dapat melakukan login dan melakukan aktifitas perbankan melalui situs web bank bersangkutan.

1.4  E-Learning
Istilah e-Learning dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk sekolahmaya. Definisi e-Learning sendiri sebenarnya sangat luas, bahkan sebuah portal informasi tentang suatu topik (seperti halnya situs ini) juga dapat tercakup dalam e-Learning ini. Namun istilah e-Learning lebih tepat ditujukan sebagai usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar di sekolah dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi Internet.
Dalam teknologi e-Learning, semua proses belajar-mengajar yang biasa ditemui dalam sebuah ruang kelas, dilakukan secara live namun virtual, artinya dalam saat yang sama, seorang guru mengajar di depan sebuah komputer yang ada di suatu tempat, sedangkan para siswa mengikuti pelajaran tersebut dari komputer lain di tempat yang berbeda. Dalam hal ini, secara langsung guru dan siswa tidak saling berkomunikasi, namun secara tidak langsung mereka salingberinteraksi pada waktu yang sama.
Semua proses belajar-mengajar hanya dilakukan di depan sebuah komputer yang terhubung kejaringan internet, dan semua fasilitas yang yang biasa tersedia di sebuah sekolah dapat tergantikan fungsinya hanya oleh menu yang terpampang pada layar monitor komputer. Materi pelajaran pun dapat diperoleh secara langsung dalam bentuk file-file yang dapat di-download, sedangkan interaksi antara guru dan siswa dalam bentuk pemberian tugas dapat dilakukan secara lebih intensif dalam bentuk forum diskusi dan email.

1.5  World Wide Web (WWW)
World Wide Web (WWW) merupakan bagian dari internet yang paling cepat berkembang dan paling populer. WWW bekerja berdasarkan pada tiga mekanisme yaitu:
1.      Protocol standard aturan yang di gunakan untuk berkomunikasi pada computer networking, Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah protocol untuk WWW. 
2.      Address WWW memiliki aturan penamaan alamat web yaitu Uniform Resource Locator (URL) yang di gunakan sebagai standard alamat internet. 
3.      HTML digunakan untuk membuat document yang bisa di akses melalui web.

Dewasa ini, WWW atau yang sering disebut sebagai "web" saja adalah merupakan aplikasi internet yang paling populer. Demikian populernya hingga banyak orang yang keliru mengidentikkan web dengan internet.
Secara teknis, web adalah sebuah system dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain yang tersimpan dalam sebuah internet webserver dipresentasikan dalam bentuk hypertext. Informasi di web dalam bentuk teks umumnya ditulis dalam format HTML (Hypertext Markup Language). Informasi lainnyadisajikan dalam bentuk grafis (dalam format GIF, JPG, PNG), suara (dalam format AU, WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World). 
Web dapat diakses oleh perangkat lunak web client yang secara popular disebut sebagai browser. Browser membaca halaman-halaman web yang tersimpan dalam webserver melalui protokol yang disebut HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Dewasa ini, tersedia beragam perangkat lunak browser.
Sebagai dokumen hypertext, dokumen-dokumen di web dapat memiliki link (sambungan) dengan dokumen lain, baik yang tersimpan dalam webserver yang sama maupun di webserver lainnya. Link memudahkan para pengakses web berpindah dari satu halaman kehalaman lainnya, dan "berkelana" dari satu server ke server lain. Kegiatan penelusuran halaman web ini biasa diistilahkan sebagai browsing, ada juga yang menyebutnya sebagai surfing (berselancar).
Seiring dengan semakin berkembangnya jaringan internet di seluruh dunia, maka jumlah situs web yang tersedia juga semakin meningkat. Hingga saat ini, jumlah halaman web yang bisa diakses melalui internet telah mencapai angka miliaran. Untuk memudahkan penelusuran halaman web, terutama untuk menemukan halaman yang memuat topic topik yang spesifik, maka para pengakses web dapat menggunakan suatu search engine (mesinpencari). Penelusuran berdasarkan search engine dilakukan berdasarkan kata kunci (keyword) yang kemudian akan dicocokkan oleh search engine dengan database (basis data) miliknya. Dewasa ini, search engine yang sering digunakan antara lain adalah Google (www.google.com) dan Yahoo (www.yahoo.com).

1.6  Komponen-Komponen  Web
Saat bekerja dengan web ada beberapa komponen yang akan perlu dipersiapkan. Komponen-komponen tersebut antara lain:
1.      Web Editor
Editor merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat dokumen HTML. Editor yang sering digunakan antara lain:
a.       Notepad
b.      Microsoft FrontPage
c.       Dreamweaver, dan lain-lain
Aplikasi editor yang digunakan untuk membangun web sering juga disebut dengan aplikasi lintas halaman, hal ini disebabkan web yang di buat satu aplikasi dapat di buka juga pada aplikasi editor lain.

2.        Web Browser
Browser merupakan software yang di install di mesin client yang berfungsi untuk menterjemahkan tag-tag HTML menjadi halaman web. Browser yang sering di gunakan antara lain:
a.       Internet Explorer
b.      Netscape Navigator
c.       Opera Mini
d.      Mozilla Firefox, dan masih banyak lagi.

3.        Web Programming
Programming merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun web baik yang bersifat statis maupun dinamis. Script-script bahasa pemrograman ini akan diketikkan pada web editor. Sementara untuk melihat hasil dari program yang diketikkan kita akan menggunakan web browser.
Coding atau scripting dalam pemrograman web dibagi menjadi 2 yaitu:
1.      Client Side Scripting merupakan code yang berjalan disisi Client/Browser. Code ini biasanya digunakan untuk membuat web yang sifatnya statis, atau tidak bisa diubah baik berupa konten maupun tampilannya. Website ini juga tidak bisa berinteraksi langsung dengan pengguna. Pemrograman Client Side Scripting antara lain:
a.       HTML
b.      CSS
c.       Java Script dan VBscript
2.      Server Side Scripting merupakan code yang berjalan disisi server. Code ini digunakan untuk membuat web yang sifatnya dinamis, atau dapat berubah setiap saat baik konten maupun informasi yang ada. Web ini juga dapat berinteraksi langsung dengan pengunjung atau pengguna. Contoh pemrograman Server Side Scripting adalah:
a.       PHP
b.      ASP
c.       PERL dan lain-lain.

4.        Web database

Web database berupakan aplikasi yang dapat digunakan sebagai media penyimpanan data.Web database biasanya digunakan saat membangun web dinamis, sehingga setiap data yang diinput bisa diubah setiap saat.Contoh web database antara lain SQL Server, Mysql, dan masih banyak lagi.

Komentar